Rabu, 07 Juni 2017

Membahas Syarat Kelususan S2 Publikasi Jurnal Internasional

Filled under:


Publikasi jurnal internasional saat ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh mahasiswa S2 agar dapat digunakan untuk keperluan akademis seperti ujian tesis atau syarat kelulusan. Oleh karena itu boleh anda siapkan sejak semester awal agar anda tidak kebingungan setelah ujian tesis anda berakhir, karena pasti anda akan dimitnta publikasi jurnal internasional terindex.

Di halaman ini kita akan membahas Permenristekdikti No 20 Tahun 2017
  1. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Maksudnya dalam hal ini tulisan harus disusun secara sistematis sesuai dengna kaidah ilmiah dan tidak boleh mengandung unsur plagiarism baik sedikit, sebagian atau seluruhnya sesuai dengan etika keilmuan.
  2. Memiliki ISSN. Bisa disebut sebagai stand kode internasional yang biasa digunakan untuk memberikan identitas berupa kode pada suatu Jurnal Ilmiah.
  3. Ditulis menggunakan bahasa resmi PBB ( Arab, Inggris, Spanyol, Perancis,Rusia, Spayol, dan Tiongkok). Jika anda saat ini berada di indonesia pasti sudah familiar dengan bahasa inggris dan bahasa arab. Anda bisa menggunakan jasa kami untuk ini.
  4. Dewan redaksi (Editorial Boar) adalah pakar bidangnya paling sedikit berasal dari empat negara. Maksudnya dalam jurnal tersebut editornya ada minimal 4 yang berbeda negara yang memiliki kemampuan sesuai bidang ilmu yang ada di jurnal.
  5. Memiliki terbitan versi online: dalam hal ini jurnal menyediakan artikel yang sudah terbit secara online ada yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar.
  6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 negara. Jika anda memasukkan artikel paling tidak dalam satu nomor terbitan harus ada minimal harus ada penulis dari 2 orang negara misal penulis dari negara rusia dan indonesia.
  7. Jurnal yang diakui Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  8. Jurnal yang memenuhi kriteria pad huruf a sampai g, namun mempunyai faktor dampak 0 atau not available dari ISI Web of Science atau jurnal terindeks di SCImago dengan Q4 atau terindeks di Microsoft Academic Search. Jurnal yang diakui dalah hal ini termasuk jurnal yang sudah terindex Thomson Reuters atau Scopus yang dapat dilihat pada database mereka.Tetapi jika anda ingin menerbitkan karya tulis disini pastikan artikel anda terdapat penemuan baru bukan hanya sekedar melakukan penelitian ulang atau penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya tanpa adanya penemuan baru.
  9. Jurnal Ilmiah Nasional terakreditasi B dari Kementerian yang diterbitkan dalam salah satu bahasa PBB, terindeks di DOAJ dengan indikator green thick. Jurnal nasional umumnya sangat lama jika anda publikasi disini dikarenakan terbitannya yang lama dan proses antrian lebih panjang.
  10. Karya Ilmiah pada prosiding internasional yang terindeks basis data internasional (Web of Science, Scopus) dinilai sama dengan jurnal internasional.
Kesimpulan: Jika anda mahasiswa S2 lebih baik melakukan publikasi jurnal internasional terindex saja mengingat jurnal nasional sendiri butuh waktu yang lama dan antrian panjang. Selain itu mahasiswa S2 sepertinya belum diwajibkan untuk harus publikasi jurnal Scopus karena jurnal itu memang sangat sulit ditembus. Bahkan banyak peneliti yang sudah menempuh pendidikan doktor akan mengalami kesulitan. Karena dibutuhkan kesabaran dan artikel yang benar-benar berkualitas. Jika menurut para pembimbing anda artikel anda sangat bagus belum tentu menurut mereka artikel anda berkualitas. Karena diperlukan adanya konstibusi dalam dunia penelitian misalkan anda menemukan konsep baru, teori baru, alat baru, desain baru, dsb.



incoming search terms:
cara publikasi jurnal internasional scopus
tips menembus jurnal scopus
Permenristekdikti No 20 Tahun 2017
cara publikasi jurnal nasional
jurnal nasional yang diakui dikti 2017
jurnal internasional terindex thomson reuters
aturan publikasi jurnal tesis
aturan publikasi jurnal skripsi
aturan publikasi jurnal internasional disertasi
cara publikasi jurnal nasional
tips publikasi jurnal inernasional
jasa publikasi jurnla
publikasi jurnal internasional scopus diakui dikti
jasa publikasi jurnal internasional terindex
jasa publikasi jurnal scopus
jasa konsultasi jurnal scopus