Sabtu, 09 Oktober 2021

Mengenal Baruan Pemasaran dan Segmentasinya

Filled under:

 


Baruan Pemasaran

Menurut  (Lee, & Kotler, 2019) baruan pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menurus mencapai tujuan pemasaran dipasar.  Baruan pemasaran tersebut dibagi menjadi 4P, yaitu :

1.   Product/Produk

Produk merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

2.   Price/Harga

Harga menunjukan harga yang ditetapkan untuk suatu produk tertentu sebagai dasar penawaran kepada calon pembeli dan biasanya penetapan harga dipengarui oleh banyak faktor, diantaranya faktor biaya yang berhubungan dengan operasional hotel.

3.   Place/Tempat

Tempat adalah masalah pendistribusian produk melalui perantara dimana konsumen dapat membeli produk yang ditawarkan, oleh sebab itu suatu hotel menentukan sebagai perantara untuk menjual kamar–kamar, dan fasilitas lainnya melalui travel agent,biro penjalanan wisata, karena dalam pariwisata, perusahaan–perusahaan ini berfungsi sebagai perantara (middle man) antara wisatawan dengan industri pariwisata.

4.   Promotion/Promosi

Promosi merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kepada calon pelanggan atau konsumen, biasaya promosi disini dilakukan melalui media cetak, elektronik atau melalui kegiatan personal, contact advertising, sales promotion, publicty dan exhibition

 

Menurut Sunarsi (2020) selain yang dijelaskan oleh kotler, pemasaran terdiri dari 3 (tiga) P dan 1 (satu) C, yaitu :

1.    People/Orang

Orang  adalah semua pelaku yang memainkan peranan dalam menyajikan jasa, sehingga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan.

2.    Process/Proses

Proses menunjukan proses penjualan yang dilakukan oleh perusahaan kepada tamu untuk kemudahan pelayanan dan kepuasan tamu, biasanya penjualan kamar dilakukan dengan walk-in guest atau guest compliment.

3.    Physical Evident/Lingkungan Fisik

Lingkungan fisik menjukan bentuk fisik yang diberikan perusahaan kepada para tamu untuk kenyamanan, bentuk fisik yang dimaksud adalah dalam bentuk bangunan hotel beserta sarana dan prasaran yang bermanfaat bagi tamu.

4.    Customer Service

Customer Service adalah tempat dimana tamu dapat menyampaikan kristik dan saran keluhan guna meningkat perfomance hotel khususnya dalam bidang pelayanan, sehingga hotel dapat menjaga keunggulan produk dan jasa yang ditawarkan.

 

Pengertian Segmentasi Pasar

Segementasi pasar adalah suatu usaha untuk meningkatkan ketetapan peningkatan pemasaran perusahaan (Kotler & Armstrong, 2010). Pembagian segmen pasar tersebut dibedakan berdasarkan 4 (empat) kriteria, yaitu :

1.    Segmentasi Geografis

Segmentasi ini dapat dikelompokan menjadi bebrapa segmen (internasional, rasioanal, lokal dalam dan luar kota). Memusatkan pemasaran pada suatu atau beberapa daerah geogrfis tertentu sering memberikan manfaat tersendiri bagi jenis usaha bisnis, sehingga perusahaan dalam memutuskan untuk beroperasi pada satu wilayah geografis atau dalam seluruh wilayah geografis dengan memberikan variasi lokal diantaranya.

a.    Wilayah

Wilayah merupakan segmen yang bisa membantu perusahaan untuk mementukan pasar sasaran wilayah yang tepat bagi perusahaan.

b.    Kepadatan

Kepadatan dapat disegmentasi menjadi kelompok perhotelan pinggiran kota dan pedesaann.

c.     Iklim

Iklim adalah satu segmen yang penting untuk diketahui perusahaan karena merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan segmentasi pasar

2.    Segmentasi Demografis

Segmentasi berdasarkan variabel–variabel demografis merupakan dasar yang paling populer dan saling sering digunakandalam membedakan pelanggan karena keinginan preferensi, dan tingkat pemakaian konsumen sering berhubungan dengan variabel–variabel demografis dan varibel–variabel ini lebih mudah diukur dibanding variabel–variabel lainnya.

a.    Usia

Keinginan dan kemampuan konsumen sejalan dengan usia dalam menerapkan segmen usia dan tahap siklus hidup dapat membantu suatu perusahaan dalam menentukan pasar.

b.    Jenis kelamin

Segementasi menurut jenis kelamin merupakan suatu hal yang banyak diterapkan banyak perusahaan.

c.     Penghasilan

Penghasilan merupakan salah bentuk segmentasi pasar yang digolongkan oleh perusahaan dengan beberapa segmen, sebagai contoh masyarakat yang berpenghasilan rendah, mengenah dan tinggi.

d.    Pekerjaan

Perusahaan juga dapat menggolongkan pasar dalam segmen pasar yaitu pegawai negeri, pegawai swasta dan lain–lain.

e.    Jumlah Keluarga

Jumlah keluarga merupakan segmen yang perlu diperhatikan oleh perusahaan karena besarnya keluarga akan merubah akomodasi yang ada.

f.      Pendidikan

Segmen ini juga mendapatkan perhatian perusahaan karena produk yang nantinya akan dihasilkan perusahaan.

g.    Siklus Keluarga

Siklus ini merupakan segmen yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar perusahaan dapat menentukan sasaran yang tepat biasanya perusahaan membedakan siklus keluarga atas status perkawinan.

3.    Segmentasi Psikografis

Dalam segmen ini dapat dibagi menjadi beberapa segmen yang berdasarkan gaya hidup dan kepribadian, yaitu :

a.    Gaya Hidup

Dalam segmen ini menunjukan bagaimana konsumen mempunyai gaya hidup yang sering dijadikan alasan atau motivasi untuk memilih fasilitas akomodasi yang sesuai dengan kedudukannya.

b.    Kepribadian

Kepribadian adalah segmen yang bisa menunjukan pola sikap individu kepada perusahaan dalam penentuan segmen pasar.

4.    Segmentasi Perilaku Konsumen

a.    Kejadian

Pembeli dapat dibedakan menurut kejadian saat mereka mengembangkan kebutuhan membeli suatu produk atau memakai suatu produk.

b.    Manfaat

Manfaat yang ini diperoleh konsumen dari produk yang dibeli berbeda-beda. Dalam kaitannya dengan harga dan manfaat dapat dibagi menjadi dua segmen yaitu: mereka yang menganggap harga bersaing sebagai kepuasan yang dicari dan mereka yang lebih mengutamakan kepuasan non-harga.

c.     Status Pemakaian

Segmen ini dapat dibagi atas bukan pemakai, bekas pemakai, pemakai teratur daro pembian tersebut, perusahaan dapat menentukan kelompok yang harus diperhatikan.

d.    Tahap Kesiapan

Pasar ini terdiri atas orang – orang dengan kesiapan yang berbeda–beda untuk membeli suatu produk, beberapa orang tidak menyadari keberadaan suatu produk, beberapa menyadari, beberapa orang yang menginginkan produk yang bersangkutan. Beberapa orang bermaksud untuk membeli dan beberapa orang tertarik terhadap produk tersebut.

e.    Sikap

Beberapa kelompok dapat ditemukan dalam suatu pasar yaitu sikap yang antusias, sikap yang positif, sikap yang tak acuh, sikap negatif dan sikap yang benci.

Dari berbagai definisi diatas, maka dapat dikatakan bahwa segmentasi pasar merupakan cara untuk membedakan golongan pelanggan yang mempunyai kebutuhan dan karakteristik yang sama untuk merespon atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.


Note:

Jika anda menggunakan tulisan ini pastikan merubah seluruhnya dengan kalimat anda sendiri untuk menghindari plagiasi. Bikintugas juga melayani jasa pembuatan pembuatan ppt untuk ujian.


Daftar pustaka

Lee, N. R., & Kotler, P. (2019). Social marketing: Behavior change for social good. Sage Publications.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis21(1), 7-13.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.