Senin, 04 Oktober 2021

Pendidikan Pada Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangannya Mini Makalah

Filled under:

 


Pengertian Pendidikan

Pendidikan berasal dari kata “didik” yaitu memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan juga proses membimbing manusia dari kegelapan, kebodohan dan pencerahan pengetahuan. Dalam arti luas, pendidikan baik formal maupun yang informal meliputi segala hal yang memperluas pengetahuan manusia tentang dirinya sendiri dan tentang dunia tempat mereka hidup (Gunawan, 2012). Menurut UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk   mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Ramdhani, 2017).

Pengertian Anak Usia Dini

Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-8 tahun. Dan juga, anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-6 tahun (Muazar Habibi,2015). Pada masa ini merupakan masa emas atau golden age, karena anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan tidak tergantikan pada masa mendatang. Menurut berbagai penelitian di bidang neurologi terbukti bahwa 50% kecerdasan anak terbentuk dalam kurun waktu 4 tahun pertama. Setelah anak berusia 8 tahun perkembangan otaknya mencapai 80% dan pada usia 18 tahun mencapai 100% (Slamet Suyanto,2005). 

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini

Menurut undang-undang No.20 pasal 1 butir 14 tahun 2003 tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Di Indonesia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dirumuskan sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir, sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbungan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini merupakan penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakkan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komiunikas (Fadlilah, 2020)

Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Ada beberapa aspek perkembangan anak, antara lain (Susanto, 2020).  :

  1. Motorik Kasar: kemampuan ini mengontrol gerakan tubuh yang mencakup keterampilan mengendalikan otot-otot besar. Perkembangan motoric kasar dapat dilihat dari kemampuan anak untuk merangkak berjalan, berlari, melompat, memanjat, berguling atau berenang.
  2. Motorik Halus: keterampilan ini mencakup keluwesan jemari. Ini dapat dilihat dari kemampuan anak untuk menyentuh, menjumput, mencoret, melipat atau memasukkan sendok ke dalam mulut.
  3. Kognitif: kemampuan kognitif adalah kemampuan anak untuk memproses, menginterpretasi dan mengategorikan informasi – informasi yang diperolehnya melalui pancaindera. Kemampuan ini selanjutnya berkembang menjadi kemampuan berpikir logis.
  4. Kemampuan Bahasa: Selain memahami apa yang dikatakan orang – orang di sekitarnya, kemampuan ini juga membuat anak bisa mengungkapkan keinginannya. Menangis dan mengoceh merupakan awal dari perkembangan bahasa. Selanjutnya anak belajar mengucapkan kata – kata lalu kalimat.
  5. Emosi: kemampuan emosi adalah kemampuan anak untuk mengenali berbagai hal yang dirasakannya mengekspresikan perasaan dalam bentuk yang diterima oleh lingkungan dan keterampilan untuk mengendalikan serta mengatasi perasaanya.
  6. Sosial: kemampuan sosial adalah kemampuan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, memberi respons pada orang lain, serta berbagi.

Note:
Jangan asal copas, pastikan di edit kalimatnya jika inggin menggunakan tulisan orang. Bikintugas juga melayani jasa pembuatan ppt ujian, artikel, terjemah dari skripsi tesis dan disertasi.
Admin Yuda Iswanto 
No Telp : 081515147161 (whatsap)
E-mail :bikintugasku@gmail.com

Rererensi
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: Alfabeta.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA8(1), 28-37.
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini5(1), 373-384.
Susanto, A. (2020). Perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Kencana.