Jumat, 01 Oktober 2021

Pengertian E-commerce dalam Perkembagan Teknologi Digital 4.0

Filled under:


Definisi Ecommerce

Mulanya bisnis E-commerce terjadi saat awal tahun 1970 yang kegiatan bisnisnya hanya transaksi perdagangan biasa secara elektronik. Transaksi yang dilakukan saat itu hanya berupa pengiriman dokumen bisnis dan pesanaN produk. Berkembangnya Internet dalam World Wide Web membuat banyak yang peneliti bidang teknologi memulai bisnis online, (Za dkk, 2017). Saat pertama kali E-commerce muncul, perkembangannya sangat cepat menyebar ke berbagai penjuru benua Amerika, Eropa dan Asia Timur. Kemajuan teknologi yang sangat pesat mendukung perkembangan E-commerce di seluruh dunia hingga saat ini. Akses internet yang semakin mudah didapatkan menjadikan bisnis E-commece  dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Terlebih lagi manusia saat ini sudah mulai terbiasa menggunakan perangkat teknologi komunikasi yang canggih seperti smartphone dengan koneksi internet sebagai pendukungnya sehingga akses E-commerce pun akan semakin mudah. Banyak sekali situs e-ecommerce yang sudah memiliki popularitas seperti Ebay, Lazada, Amazon, Alibaba, Flip Kart dan masih banyak lagi. 

Pekembangan teknologi menjadikan bisnis E-commerce dapat berkembang pesat. Saat ini transaksi perdagangan dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka pembeli dan penjual barang atau jasa. E-commerce bisa disebut sebagai perdagangan elektronik yang melibatkan transaksi jual beli secara online yaitu melalui koneksi internet dan jaringan komputer.  Pendapat lain mengatakan bahwa definisi E-commerce dibagi menjadi 2 hal penting yaitu: 1) dari segi komunikatif E-commerce merupakan layanan, pengiriman barang, layanan informasi, pembayaran melalui jaringan elektronik, 2) dari segi bisnis E-commerce merupakan aplikasi yang merupakan hasil dari kemajuan teknologi menuju sistem transaksi otomatis dalam dunia bisnis dan aliran kerja, 3) dari segi pelayanan E-commerce adalah alat yang digunakan untuk mempermudah perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan dan meningkatkan kualitas layanan. 4) dari segi online E-commerce menyediakan layanan jual beli barang atau jasa melalui internet secara global, (Suyanto, 2003). Menurut Editor in Chief International Journal of Electronic Commerce adalah berbagi informasi bisnis, menjaga hubungan bisnis, dan melakuan traksaksi bisnis melalui jaringan internet (Tassabehji, 2003). 

E-commerce pada dasarnya bisnis yang berbasis web yang umumnya menggunakan World Wide Web (WWW) dengan berbagai plaform yang digunakan. Dengan menggunakan web, bisnis E-commerce harus memenuhi minimal fungsi utamanya yaitu: 1) deserminasi informasi, pengambilan data, promosi, pemasaran dan transaksi yaitu kepada pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis, (Reynolds & Mofazali, 2000)

Dalam perkembangannya E-commerce dalam melakulan promosi dengan bantuan situs penyedia iklan seperti google adsense, facebook ads, intagram ads dan sebagainya. Agar bisa menampilkan iklan di situs pennyedia, pemilik E-commerce harus medepositkan sejumlah uang untuk biaya iklan. Beberapa situs penyedia iklan umumnya menarik biaya iklan berdasarkan klik iklan, berdasarkan target iklan, frekuensi iklan tampil, dan page view nya. 

Note:

Jika ingin membuat jurnal pastikan referensi sesuai dengan yang di kutip dengan yang ada di daftar pustaka. Bikintugas melayani jasa pembuatan jurnal dan publikasi jurnal. Tolong jika anda ingin menggunakan tulisan ini pastikan kalimatnya dirubah atau parafrase.

Daftar Pustaka

Za, S.Z., Hudayah, S., Hidayati, T. 2017. Analysis of People’s Interests in Using E-Commerce Service from Tokopedia and Bukalapak based on the Quality of the Service, Design, and the Popularity of the Websites. European Journal of Economic Studies. 6(1), 66-74.

Suyanto, M., 2003, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset, Yogyakarta.

Tassabehji, R. (2003). Applying E-commerce in Bussiness. India: Sage Publications.

Reynolds, J., & Mofazali, R. (2000). The complete e-commerce book: design, build, and maintain a successful web-based business. Cmp Books.

Kontak:
Admin Yuda
No.Telp : 081515147161 (whatsapp, sms, call)
e-mail: bikintugasku@gmail.com