Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan LoA jurnal?


LoA merupakan surat bukti bahwa artikel telah diterima dan diterbitkan pada suatu jurnal tertentu. Biasa LoA mencangkup beberapa hal seperti kop surat yang berisi nama jurnal, alamat jurnal, logo dan ISSN. Kemudian nomor artikel dan tanggal diterima. Selain itu nama author yang menerima jurnal, judulnya, tahun serta akan diterbitkan pada Volume berapa dan Issue berapa.

Untuk mendapatkan LoA waktu yang dibutuhkan setiap jurnal itu berbeda beda. Oleh karena itu anda perlu mengenal berapa kali terbitan suatu jurnal dalam setaun. Beberapa jurnal hanya menerbitkan 2 kali dalam setahun, 3 kali dalam setahun, 4 kali dalam setahun, 6 kali dalam setahun dan 12 kali dalam setahun. 

Jika anda memasukkan jurnal yang terbitannya hanya 2 kali setahun misalnya bulan Juni dan Desember maka anda harus melakukan submit itu sekitar bulan Januari jika anda ingin masuk pada terbitan bulan Juni. Tentu saja tidak sesederhana itu, tergantung berapa artikel juga yang di submit di jurnal itu pada terbitan pertama. Jika setiap terbitannya jurnal hanya menerima 10-20 artikel saja sedangkan yang submit 200 an artikel lebih, maka waktunya bisa mundur untuk prosesnya. Prosesnya sendiri untuk mendapatkan LoA juga teramat panjang mulai dari membuat artikelnya, registrasi ke jurnal, submit, dan menunggu untuk direview. Jika judul anda menarik biasanya akan menjadi peluang anda untuk didulukan proses reviewnya tergantung kedalaman artikelnya juga. Tentunya ini akan membuat proses yang anda lalui semakin cepat, makannya anda harus melakukan pengecekan di Google Scholar apakah artikel anda sudah ada yang menulis dengan judul yang mirip atau tidak. Jika tidak ada berarti peluang anda untuk didulukan semakin besar. Sehingga LoA yang anda dapatkan mungkin bisa lebih cepat yaitu sekitar 2-4 bulan untuk terbitan yang 2 kali dalam setahun. Jika anda kurang beruntung bisa jadi membutuhkan waktu sampai 4 bulan ke atas.

Jurnal yang memiliki terbitan 3 kali dalam setahun biasanya dituntut untuk cepat dalam menangani artikel yang masuk. Terbitannya biasanya dilakukan pada bulan april, agustus dan desember. Butuh waktu sekitar 4 bulan untuk melakukan proses reviewnya. Oleh karena itu paling tepat anda melakukan submit artikel anda di bulan januari, april, dan agustus. Tentunya anda harus memperhatian beberapa point penting agar artikel anda dilirik untuk direview duluan, terutama bagian judul dan abstraknya.

Jurnal yang memiliki terbitan setahun 4 kali merupakan jurnal yang cukup perhatian pada kebutuhan mahasiswa. Biasanya terbitan jurnalnya terjadi pada bulan maret, juni, september, dan desember. Biasanya untuk mendapatkan LoA jika reviewnya lancar membutuhkan waktu 1-2 bulan jika anda beruntuk mendapatkan jurnal yang submitnya tidak banyak. Tapi jika anda kebetulan mendapatkan jurnal yang submit artikelnya banyak kemungkinan bisa jadi 2 bulan lebih untuk mendapat LoA nya.

Jurnal dengan terbitan 6 kali dalam setahun itu sangat jarang atau langka di Indonesia. Tetapi banyak jurnal luar negeri yang menyediakan terbitan 6 kali dalam setahun. Loa yang mungkin anda dapatkan bisa lebih cepat, yakni 2 -3 minggu bisa anda dapatkan. Akan tetapi biasanya biaya untuk publikasinya relativ lebih mahal karena mungkin ada biaya terjemah dan biaya publikasinya,

Jurnal dengan terbitan setahun 12 kali merupakan jurnal yang setiap bulannya mengadakan terbitan. Biasanya jurnal ini maksimal hanya bisa terindex di Doaj. Tetapi ada juga yang jurnalnya bisa terindex scopus meskipun kenyataaanya proses reviewnya ketat dan lama tapi itu jarang. Untuk mendapatkan LoA nya hanya butuh waktu 1-3 minggu saja kemudian artikel anda akan segera diterbitkan di bulan berikutnya.

LoA menjadi incaran mahasiswa agar dapat segera lulus, karena sebagai persyaratan akademik. Apabila menunggu publikasinya artikel anda harus menunggu sesuai jadwal terbitan, tapi LoA yang sangat penting ini bisa didapatkan terlebih dahulu sambil menunggu artikel terbit.

Jika anda kesulitan untuk mendapatkan LoA bisa kontak admin kami agar bisa dibantu.



0 Komentar

Terbaru