Apa LoA dalam Jurnal, seberapa penting?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa itu LoA alangkah baiknya memahami dulu cara untuk publikasi jurnal. Sebelum artikel kita submit, peneliti melakukan pemformatan terlebih darulu sesuai dengan jurnal yang dituju. Setelah itu kita hendaknya melakukan registrasi ke OJS jurnal untuk memasukkan jurnal sesuai dengan data peneliti yang bersangkutan. Setelah menyelesaikan pendaftaran ojs peneliti melakukan submit jurnal, setelah selesai peneliti menunggu jurnal dibalas oleh reviewer untuk dilakukan pemrosesan jurnalnya. Waktu yang dibutuhkan sendiri tergantung jurnalnya biasanya untuk jurnal nasional lumayan lama untuk waktu reviewnya bisa 2-3 bulanan. Selain itu persaingan yang ketat di jurnal nasional sehingga peneliti harus melakukan semaksimal mungkin. 

Nah selanjutnya setelah proses review selesai peneliti yang dinyatakan artikelnya diterima biasanya akan mendapatkan LoA. Kadang melalui email secara langsung atau dibuatkan bentuk PDFnya sebagai bukti bahwa artikel tersebut telah diterima setelah melaui proses review yang panjang. Kepanjangan LoA yaitu Letter of Acceptance. Di bawah ini merupakan salah satu contoh LoA yang bisa bikintugas berikan kepada anda.


CONTOH LOA

contoh loa bikintugas

Pentingnya LoA bagi peneliti yaitu sebagai bukti bahwa artikel yang telah diSubmit akan dipublikasikan di jurnal tersebut. Sehingga ini menjadi awal untuk artikel tersebut dapat dipublikasikan dan bisa digunakan untuk keperluan akademik misalnya persyaratan ujian Tesis. LoA sangat penting sekali karena jika anda menunggu terbitan jurnal biasanya memakan waktu cukup lama. Kalau terbitan jurnalnya sebulan sekali sih masih bagus dan tergolong sangat cepat, sedangkan jurnal di indonesia rata-rata tebitannya paling cepet setaun 3 kali atau 4 kali. Sehingga bisa dipastikan jika anda menunggu publikasinya waktu tidak terburu, sehingga LoA menjadi yang pertama harus anda dapatkan. 

Kebanyakan jurnal di bawah sinta 3 di Indonesia itu gratis, sehingga persaingan untuk memperebutkan posisi di jurnal tersebut sangat sulit sekali, karena yang memasukkan pasti sangat banyak sekali sedangkan kapasitas yang bisa ditampung jurnal di indonesia tidak bisa lebih dari 25 artikel.

Oleh karena banyak yang berlalih mencari LoA yang cepat dengan sasaran jurnal luar negeri, yang bisa menyediakan publikasi dan LoA seminggu beres. Tentunya anda harus bekerjasama dengan yang berpengalaman dibidangnya untuk mendapatkan jurnal internasional yang layak untuk publikasi jurnal anda.

0 Komentar