Saran publikasi jurnal dimana saja?

Aturan untuk melakukan publikasi jurnal merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh Dosen maupun mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Memang saat ini publikasi karya ilmiah di perguruan tinggi di Indonesia masih tergolong kurang apalagi untuk jurnal yang sudah terindex Scopus. Oleh karena itu pemerintah menerbikan aturan untuk publikasi karya tulisnya dengan bunyi ketentuan sebagai berikut:

  1. Bagi mahasiswa program sarjana harus dapat menghasilkan skripsi atau makalah yang bisa diterbitkan di jurnal ilmiah nasional ataupun internasional.
  2. Bagi mahasiswa pascasarjana atau program magister harus menerbitkan karya tulis ilmiahnya dari tesis yang dibuat kemudian diringkas untuk jadi artikel yang nantinya diterbitkan di jurnal nasional Sinta maupun Internasional Terindeks
  3. Bagi program doktoral juga harus menghasilkan disertasi yang kemudian disertasinya diringkas menjadi artikel untuk dipublikasikan di jurnal yang terindex Scopus.

Gambar search enggine jurnal scopus

Yang menjadi pertanyaan, kita dapat mempublikasikan jurnal dimana saja??

Bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1)
Biasanya kampus menyediakan ruang jurnal untuk publikasi karya ilmiah mahasiswa S1 dengan kapasitas yang sesuai dengan mahasiswanya. Tetapi tidak jarang untuk mempublikasikan di jurnal kampus lain meskipun tidak terindex sinta tidak Masalah. Mahasiswa Program Sarjana (S1) memang tidak dituntut untuk artikelnya terbit atau sekedar submit saja, tetapi beberapa kampus juga ada yang mewajibkan paling tidak bisa masuk sinta 4-6. Untuk melihat daftar jurnal yang terindex sinta anda dapat klik link berikut ini LINK JURNAL SINTA atau dapat ditemukan di jurnal yang terdaftar di GARUDA. Kalau yang terdaftar di garuda belum tentu juga dia terdaftar di Sinta, tetapi untuk mahasiswa pascasarjana itu sudah cukup sebagai syarat kelulusan.


Gambar search enggine jurnal sinta

Bagi Mahasiswa Program Pascasarjana (S2)
Mahasiswa program magister S2 biasanya dituntut untuk membuat karya tulis yang lebih kompleks seperti Tesis. Tentunya sekarang ini mereka juga dituntut untuk mempublikasikan tesis mereka ke jurnal nasinal terindex Sinta. Biasanya kampus menyaratkan untuk sinta 2 ataupun sinta 1, akan tetapi keterbatasannya jurnal yang tersedia dibandingkan dengan mahasiswa yang membutuhkan, proses sampai publikasinya pun lama sekali, bahkan membutuhkan waktu setahun karena rata-rata sinta 1 dan 2 jadwal publikasinya hanya 2-3 kali setahun. Oleh karena itu, jika anda mencari tempat untuk mempublikasikan artikel ilmiah anda dapat anda ditemukan di LINK JURNAL SINTA. Sebagai opsi agar mahasiswa cepat lulus, dapat melakukannya di jurnal internasional. Tetapi banyak pembimbing atau kampus yang mensyaratkan untuk publikasi di jurnal yang terindex scopus yang tentunya akan menyulitkan bagi mahasiswa. Jurnal yang terindex scopus dapat anda lihat di Search Enggine Jurnal Scopus. Tentu anda harus melihat juga apakah jurnal tersebut masih terindex untuk saat ini. Karena sulitnya jurnal scopus banyak mahasiswa S2 yang beralih ke jurnal lain yang teirndeks DOAJ yang dapat anda temukan di link Jurnal DOAJ.

Bagi Mahasiswa Program Doktoral (S3)
Bagi mahasiswa doktoral yang telah dituntuk untuk menyelesaikan disertasi dimana kebaharuan ditekankan pada penelitiannya sehingga jurnal Scopus menjadi syarat yang wajib untuk mempublikasikan artikel dari disertasi mereka. Tetapi banyak sekali yang tumbang karena begitu sulitnya untuk meraih itu karena jurnal scopus rata-rata ketat sekali. Sebagai rekomendasi jurnal scopus yang baik tentunya dari publisher yang terkenal sekian lama berkecimpung di dunia pendidikan seperti Elsevier, Taylor francis, Emerald, Wiley, dan beberapa jurnal Universitas luar negeri juga banyak yang teirndex scopus. Tentunya kita harus bersaing dengan mahasiswa seluruh dunia dengan aim scope penelitian yang sama dengan kita, sehingga itu menjadi cukup berat. Untuk menemukan jurnal scopus yang mudah cukup kunjungi link Search Enggine Jurnal Scopus, disana anda akan menemukan jurnal yang anda inginkan dan langsung mengarah ke OJS nya. 

Demikian tadi beberapa rekomendasi untuk mempermudah anda melakukan publikasi jurnal, tentunya jika anda tidak ingin repot kita bisa bantu dengan biaya yang cukup ekonomis sampai artikel anda benar-benar terbit.

0 Komentar