Bagaimana cara submit jurnal scopus dengan cepat?

Saat ini kebutuhan untuk publikasi jurnal scopus sangat banyak sekali di kalangan mahsiswa pascasarjana maupun untuk kebutuhan dosen sendiri. Seringkali kita dihadapkan dengan banyaknya jurnal-jurnal yang mengeklaim bahwa telah terindeks scopus. Banyaknya persyaratan yang harus dilalui membuat kita tidak jarang mengalami kesulitan untuk mengatasinya sendiri sehingga memang harus membutuhkan bantuan orang yang lebih akrab dibindang tersebut. Oleh karena itu disini kita akan share tahapan untuk melakukan submit jurnal internasinal scopus dengan cepat sehingga bisa membantu mempermudah anda untuk melakukan publikasi.

Beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk submit jurnal internasional scopus:

  1. Membuat Artikel dalam Bahasa Inggris. Biasanya jurnal internasional memiliki dua opsi bahasa inggris yaitu American English (Inggris Amerika) dan British English (Inggris Britania/Inggris). Sehingga peneliti harus cermat dalam melakukan penerjemahan, disarankan untuk menggunakan penerjemah profesional
  2. Mencari sasaran publisher misal ElsevierEmeraldJohn WileyTaylor & FrancisSpringerSage Publication. Beberapa publisher tersebut merupakan publisher yang sudah bereputasi, meskipun ada jurnalnya yang belum terindex scopus tetapi kualitas jurnalnya tidak perlu diragukan, dan juga memang banyak dari publisher tersebut yang jurnalnya terindeks scopus.
  3. Ketika sudah mendapatkan publisher yang di Inginkan selanjutnya memilih jurnal sesuai dengan bidang ilmu yang anda tekuni. Misalnya jika anda ingin menerbitkan jurnal anda di publisher Elsevier maka anda dapat mencari jurnal yang anda inginkan di Search Enggine Elsevier. Beberapa kiat yang wajib anda pertimbangkan yaitu (melihat dengan seksama ruang lingkup jurnalnya keseuainnya dengan artikel anda, periksalah apakah mungkin artikel anda dapat dimasukkan ke beberapa jurnal sekaligus, gunakanlah metriks pada jurnal agar memahami dampak jurnal itu, jika ada periksalah informasi tambahan tentang jangkauan, kecepatan publikasi, atau dampaknya).
  4. Setelah anda mendapatkan sasaran jurnal yang anda inginkan selanjutnya melakukan registrasi sesuai dengan data anda. 
Saat proses registrasi pastikan sesuai dengan data akademik anda. Biasanya author membutuhkan ID Orchid yang dapat anda lakukan registrasi di ORCID untuk dimasukkan di Artikel anda id orcid tersebut. Selanjutnya setelah proses menuju OJS jurnal untuk melakukan proses submit artikel anda. Ojs jurnal internasional sendiri hampir mirip dengan OJS jurnal nasional yang versi terbaru sehingga anda tidak perlu hawatir karena proses submitnya sangat mudah sekali. Tetapi jika anda mengalami kesulitan untuk melakukan submit jurnal, maka anda bisa menghubungi bikintugas agar dibantu.

Untuk lolos jurnal scopus memanglah tidak mudah, selain novelty yang ditekankan bahasa juga harus menggunakan struktur bahasanya jurnal itu juga. Jika anda melakukan penerjemah masih menggunakan google translate, tentu akan mengurangi kesempatan anda untuk anda diterima di jurnal itu. Beberapa masukan dari kami pastikan menggunakan Gambar Original anda dengan kualitas yang baik, tidak blur, dan tidak pecah. Untuk tabel jangan dilakukan screenshot lebih baik menggunakan tabel asli.


0 Komentar