Jurnal Sinta Itu seperti apa dan Bagaimana Mengetahui Jurnal yang terindeks Sinta?



Agar kita dapat memahami jurnal sinta, tentunya kita harus memahami apa Sinta itu sebenarnya. Dalam istilah jurnal terindex sinta itu terdiri dari 1-6. Jika anda ingin mengetahui apa saja jurnal Sinta itu bisa anda temukan di google. Memang apa sih bedanya jurnal sinta 1 - 6 itu? Mungkin ini merupakan pertanyaan yang krusial bagi seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia.
Sinta itu ada tingkatannya 1-6 seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

Sinta 6 merupakan suatu jurnal yang telah mendapatkan predikat berupa akreditasi dari SINTA, dimana jurnal tersebut telah melakukan kelengkapan evaluasi dan terdaftar di Arjunal dengan nilai skor 30-39. Tentunya jurnal ini sangat mudah dimasuki, karena evaluasinya dari artikel yang masuk sangat mudah sekali. Tetapi suatu kendala yang biasanya dihadapi ketika ingin memilih jurnal ialah waktu publikasi yang lama biasanya setahun hanya 2 kali. Bayangkan saja jika dalam satu terbitan hanya menerima 15 artikel sedangkan kebutuhan mahasiswa di indonesia sangat banya, tentunya ini akan sangat merepotkan. Biasanya jurnal ini mengenakan biaya publikasi yang cukup murah yaitu 0 - 500.000 kurang lebihnya untuk biaya pengelolaan jurnalnya.

Sinta 5 merupakan suatu jurnal yang telah mendapatkan akreditasi dari Sinta dengan jumlah skor yang harus diperoleh 40-49 serta harus terdaftar pada Arjuna. Sama halnya juga dengan jurnal sinta 6 masih tergolong mudah untuk memasukinya, meskipun pesainganya semakin kesini-semakin banyak dengan keterbatasan jumlah jurnal di Indonesia dan waktu terbitannya setahun 2 sampai 3 kali. Biasanya digunakan untuk publikasi tugas mahasiswa. Biaya publikasi yang harus dikeluarkan jika diterima sinta 5 masih rentang 0 sampai dengan 500.000. 

Sinta 4 jurnal jenis ini sudah mendapatkan akreditasi dari Sinta dengan skor yang didapatkan sekitar 50 - 59, dengan ketentuan sudah terdaftar di Arjuna. Syarat untuk memasuki jurnal ini yaitu minimnya plagiasi maksimal sekitar 15-20% per artikel. Akan tetapi ketersediaaan dan lamannya waktu membuat anda yang ingin publikasi harus menunggu dengan sabar. Biasanya jurnal sinta 4 sudah menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris atau bahasa indonesia. Biasanya jurnal sinta 4 menerapkan biaya publikasi sekitar 500.000 sampai dengan 800.000. Tentunya ini sebanding dengan mempertahankan status akreditasinya yang cukup berat.

Sinta jurnal 3 merupakan jurnal yang sudah terakreditasi dari sinta dengan skor yang harus dicapai sebanyak 60-69. Tentunya sudah mendapatkan pengakuan akreditasi dari Arjuna. Jurnal sinta 3 sangat tergolong ketat dengan jumlah volume 2 kali - 3 kali dalam setahun. Selain yang submit ini sangat banya sekali sehingga tidak jarang untuk 1 jurnal bisa disubmit lebih dari dari 500 artikel pervolume. Karena kebutuhannya yang banyak membuat proses reviewnya cukup lama. Tentunya jika anda ingin diterima jurul harus unik, dalam artian di google scholar belum pernah ada yang menggunakan. Untuk biaya publikasinya sendiri tergolong cukup mahal sekitar 500.000 - 1.000.000 rupiah tergantung kebijakan jurnal masing-masing.

Jurnal sinta 2 merupakan jurnal yang telah mendapatkan pengakuan dari Sinta dengan skor yang harus dicapay yaitu 80-89. Karena untuk mendapatkan skor tersebut sangat sulit sekali sehingga untuk masukpun lebih ketat, dimana novelty ditekankan pada jurnal ini. Referensi yang baik dimana anda harus merujuk dari jurnal dan buku ataupun sumber2 yang dapat dipercaya. Selain itu jurnal sinta 2 ini memiliki terbitan 2 kali dalam setahun. Bayangkan saja jumlah mahasiswa S2 di seluruh indonesia dengan ketersediaan jurnal yang sedikit dan terbitan yang sedikit pula, biasanya artikel yang diterimapun sekitar 10-15 artikel saja sedangkan yang submit pasti ratusan orang. Oleh karena itu jika anda memilih jurnal ini anda harus siap dengan konsekuesinya untuk direvisi lama. Jika artikel anda memang menarik sehinga layak untuk diterbitkan mungkin prosesnya bisa sampai 6-1 tahun baru artikel bisa terbit. Untuk biaya publikasi sendiri tergolong cukup mahal karena untuk mendapatkan akreditasi tersebut membutuhkan effort yang tinggi sekitar 1.500.000 - 2.500.000.

Jurnal sinta 1 merupakan jurnal yang bergensi karena mendapatkan kepercayaan dari sinta untuk menyandang jurnal terbaik dengan nilai 90 - 100 sehingga jurnal ini menjadi salah satu sasaran untuk akreditasi para dosen. Jurnal sinta 1 biasanya juga terakreditasi Scopus sehingga membuat jurnal ini menjadi sangat berat karena sainganya tidak hanya orang dalam negeri tetapi orang luar negeri juga. Jika artikel anda ingin diakui di jurnal Sinta 1 novelty merupakan hal yang diutamakan dengan reverensi dari jurnal-jurnal berkualitas seperti elsevier, springger, taylor francis, emerald dan jurnal lain yang sudah terindex scopus. Presentasi plagiasi yang ditekankan pada jurnal sinta 1 seharusnya tidak boleh lebih dari 10%. Biaya publikasi untuk jurnal sinta 1 rentang 2.000.000 - 4.000.000 tergantung kebijakan jurnal. Selain biaya mahal dan masuknya juga cukup sulit sekali sehingga untuk meraih jurnal ini anda harus berhati2 menulis artikel seperti yang disampaikan agar tidak membuang - buang waktu.

Jika anda ingin dibantu untuk publikasi jurnal sinta, kami siap membantu kebutuhan anda mulai dari pembuatan artikel dari skripsi sampai disertasi. Kemudian kami akan bantu formating sampai terpublikasi dengan mendalatkan LoA (letter of acceptance).

0 Komentar