Jumat, 26 November 2021

Mining Kripto Dengan Menggunakan Komputer: Ngepet versi Milenial

Filled under:

Di saat era pandemi COVID ini banyak kaum milenial yang berusaha mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan mining kripto. Mining kripto diartikan sebagai anda sebagai perantara dalam transaksi blokchain dimana anda membutuhkan perangkat keras super atau computer dengan komputasi yang mumpuni untuk memecahkan kode transaksi dengan imbalan berupa kripto. 

1. apa yang anda butuhkan untuk memulai menambang ? 

Jika anda ingin memulai menambah maka anda membutuhkan komputer dengan kekuatan utamanya pada VGA / Grafik card. Pastikan anda memilih motherboard dengan slot PCie nya ada 6 karena akan mempermudah anda menambahkan vga di kemudian hari. Untuk daftar VGA yang profit pada bulan November 2021 antara lain Nvidia (GTX 1660, RTX 2060 RTX 2070, RTX 2080.ti, RTX 3060.Ti, RTX 3070.Ti, RTX 3080, RTX 3090), AMD Radeon (RX 5700 XT, RX 6800 XT, RX 6700 XT). Vga tersebut merupakan bagian terpenting untuk komputasinya. Satu motherboard mampu memuat 6 VGA minimal tetapi jika menggunakan motherboard mining bisa sampai 18 vga card. Diperlukan juga Power suplly yang mampu memenuhi total dari VGA yang ditancapkan. Misal saja anda menggunakan 6 VGA seru RTX 3080 yang setiap VGA menkonsumsi daya paling tidak 320, sehingga 320 * 6 = 1920 waat ditambah CPU konsumsi daya 200 watt 2120 watt, oleh karena itu anda bisa menggunakan power suplly dengan daya 3200 watt untuk menyuplai daya. Jangan menggunakan power suplly yang 2200 karena terlalu press daya yang dapat disuplay. Pastikan memilih power supply minimal GOLD + atau Platinum jika anda mempunyai dana lebih. Untuk prosesor anda tidak perlu menggunakan spek yang tinggi dan ram yang besar karena komputasi hanya di vga saja. untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar di bawah ini : 


Gambar 1. Mining Rig yang terdiri dari 6 Vga

2. Situs mana yang dapat digunakan untuk mining
Selanjutnya anda harus mendaftar kan situs mining yang terpercaya, salah satunya yang sudah terbukti membayar yaitu Nicehash. Dengan mendownload aplikasinya miningnya kemudian anda registrasi sesuai dengan ketentuan websitenya, anda dapat langsung mining dengan mudah dan otomatis.

3. Profit mining dan biaya listrik
Mining Per Bulan November 2021 profit yang didapatkan dari mining dengan menggunakan 1 buah VGA RTX 3080  yang dapat anda cek di Nicehash Calculactor dengan hasil di bawah ini:

Gambar 2. Profit dan biaya listrik
Dari gambar di atas dapat terlihat jika biaya listrik yang dibayarkan kurang lebih 10 persen dari profit pendapatan yang dihasilkan. 

4. Penarikan Profit (Withdraw) hasil mining
Banyak sekali exchange yang dapat anda gunakan untuk melakukan penarikan, tetapi yang saya sarankan adalah exchage yang ada di Indonesia karena bisa anda tarik IDR, dan anda harus daftar terlebih dahulu di Toko Kripto dengan dukungan banyak Bank atau anda juga bisa melakukan penarikan dengan menggunakan market lain seperti Indodax.

Demikian penjelasan tentang cara mining cripto dengan sangat mudah, memang saat ini tahun 2021 harga vga naik 135% dibandingkan harga yang normal karena kelangkaan Chip dan permintaan VGA yang besar.